Hideo Kojima Mengaku Ingin Buat Film dan Musik

Menjadi salah satu sosok dalam industri game yang banyak dibicarakan oleh para gamer ternyata tidak cukup bagi seorang Hideo Kojima. Maka dari itu dalam pernyataan terakhirnya, Hideo Kojima mengaku tertarik untuk melebarkan sayap ke dalam industri film dan musik.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Kojima dalam pidatonya saat mendapatkan Anan Awards 2022 di Tokyo Jepang beberapa waktu lalu. Menerima penghargaan tertinggi dalam kategori budaya tersebut, Kojima mengaku bahwa dirinya telah membuat game sepanjang karirnya.

Maka dari itu Kojima merasa bahwa dirinya ingin mengembangkan keahliannya ke dalam industri film dan musik. Hal tersebut tidak terlepas dari pemahamannya bahwa di dalam ‘digital works’ semua bidang saling berkaitan.

Ambisi tersebut juga bukan omong kosong belaka, karena Kojima juga berencana mewujudkan hal tersebut melalui Kojima Productions yang kini telah membuka studio musik dan TV di Los Angeles, Amerika Serikat pada akhir tahun lalu.

Kecintaan Hideo Kojima terhadap media hiburan terutama perfilman memang terlihat jelas. Terutama karena dirinya selalu membuat game-game yang ia buat biasanya mengambil inspirasi dari beberapa film dan juga acara TV. Hal yang membuat game-game buatan dirinya selalu sukses tampil megah dan sinematik.

Melalui akun Twitter-nya, mantan pegawai Konami ini juga menunjukkan kecintaannya terhadap film melalui cuitan mengenai review film maupun update yang menunjukkan dirinya sedang menikmati sebuah film. Hal yang sama juga diperlihatkan pada musik di beberapa cuitannya.

Hideo Kojima sendiri tengah sibuk dengan berbagai proyek yang akan ia kerjakan bersama Kojima Production. Pasca kesuksesan Death Stranding, kini Kojima memang tengah mengerjakan setidaknya dua buah game misterius yang masih belum diumumkan.

Selain itu, dirinya juga telah mengumumkan kerja samanya dengan Xbox Game Studios. Muncul sebagai kejutan dalam Xbox & Bethesda Games Showcase 2022, Hideo Kojima mengaku bahwa dirinya tengah mengerjakan game dengan konsep yang belum pernah digunakan sebelumnya.

Meskipun tidak ada informasi lebih lanjut mengenai proyek ini tapi Kojima berani menyebut bahwa proyek bersama Xbox tersebut akan melampaui media tradisional yang telah ada hingga di titik yang membuat proyek game ini menjadi hal besar untuk video game dan juga perfilman.

Dengan proyek game yang sudah mengantri, kelihatannya akan menjadi tantangan besar bagi Kojima bila dirinya masih ingin terjun ke dunia film dan musik. Atau mungkin, Kojima sebenarnya berencana membuktikan ambisinya tersebut dalam proyek lintas medium tersebut? Kita nanti saja kejutan apa yang akan ditawarkan Kojima nantinya.

Adi Nawan

Adi Nawan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.