10 Game Wajib Beli – Edisi Steam Autumn Sale 2016

Diskon tiap kuartal di Steam memang selalu menarik untuk ditunggu, seperti minggu ini dengan Steam Autumn Sale yang akan berakhir tanggal 29 November 2016. Sayangnya, jumlah game yang begitu banyaknya terkadang jadi menyulitkan kita mengambil keputusan.

Karena itulah, saya membuat rekomendasi ini. Sebelumnya, saya ingin meluruskan beberapa hal mengenai rekomendasi saya ini:

– Rekomendasi ini berdasarkan selera pribadi saya alias yang terbaik menurut Zilbest (Yabes Elia) bukan yang lain – jadi, jika Anda tidak setuju, silahkan buat daftar Anda sendiri – saya tidak peduli dan tidak mau berdebat kwkwkwkw…

– Selain berdasarkan selera pribadi, saya juga mempertimbangkan besaran potongan harganya (diskonnya). Jadi, sebenarnya ada banyak game-game baru favorit saya yang tidak masuk ke daftar ini karena jumlah potongannya tidak terlalu besar – hanya sekitar 20% misalnya.

1. Deus Ex Mankind Divided | -50% | Rp 285 000

deus-ex-mankind-divided

Saya tahu game ini memang tidak memiliki respon yang sebaik Human Revolution atau malah versi klasiknya, apalagi buat gamer-gamer lawas (baca: bapak-bapak kwkwkwkw).

Ia istimewa dari aspek grafis dan gameplay. Walau memang, dari segi cerita, sedikit ehmm… Namun tetap saja, saya sangat menyukainya. Game ini juga jadi salah satu favorit saya untuk game yang dirilis di 2016.

Plus, game ini juga saya tempatkan di urutan pertama karena diskonnya yang mencapai 50% meski baru dirilis bulan Agustus 2016 lalu. Andai diskonnya hanya 30%, jujur saja, mungkin game Action-FPS-RPG ini tidak akan masuk ke daftar saya kali ini.

2. The Witcher 3: Wild Hunt – Game of the Year Edition | -40% | Rp 269 400

witcher-3-wild-hunt

Hmmm… Game ini memang begitu istimewa dari semua aspek. Grafisnya cantik bukan main (Ciri pun juga minta ampun cakepnya ^,^), gameplay-nya juga sangat menyenangkan, dan bagi saya, The Witcher 3 adalah salah satu game dengan plot terbaik yang pernah saya mainkan – dari sekitar belasan ribu game yang sudah saya mainkan di semua platform (PC, PSX, PSP, N64, Dreamcast, GBA, SNES, NES, ataupun Android).

Plus, ini versi GotY jadi semua expansion (DLC) juga sudah termasuk di sini. Apalagi, bagi saya pribadi, Blood & Wine mungkin adalah DLC terbaik sepanjang masa.

3. GTA V | -50% | Rp 273 000

gta-v

Well, saya kira saya tidak perlu bicara panjang lebar soal game yang satu ini.

Saya tahu versi bajakannya juga sudah banyak di internet sana namun karena ukurannya yang minta ampun besarnya, harganya yang bahkan di bawah Rp 300 ribu ini (karena diskon), bagi saya, jauh lebih layak dibayarkan daripada menunggu waktu download versi bajakan yang mungkin butuh waktu sampai 1 bulan.

Plus, Anda bisa mendapatkan tambahan variasi gameplay asik-asik yang hanya dapat dimainkan online bersama kawan-kawan Anda dari seluruh dunia di versi ori-nya. So, please, support this awesome game…!

4. Dragon Dogma: Dark Arisen | -60% | Rp 167 433

dragon-dogma-dark-arisen

Entahlah, namun sepertinya game Action-RPG ini tidak terlalu populer di Indonesia. Padahal game ini sungguh-sungguh sangat menyenangkan.

Karena berbasis konsol, grafisnya mungkin memang sedikit gimana gitu… wkwkwkw (setidaknya untuk game yang dirilis di tahun 2016). Namun, game ini tetap jadi salah satu yang paling berkesan yang saya mainkan tahun ini.

5. Fallout 4 | -67% | Rp 256 740

fallout-4-modded

Berhubung saya memang fanatik dengan game-game buatan Bethesda, saya tidak ragu untuk merekomendasikannya.

Di daftar ini, saya memasukkan Fallout 4 karena memang, bagi saya, ia tetap istimewa – terlepas dari banyak orang yang menjelek-jelekannya dibanding Fallout 3, New Vegas, atau bahkan Skyrim.

Satu-satunya yang saya keluhkan di sini hanyalah ini bukan versi GotY. Jadi, Anda harus merogoh kocek lebih dalam untuk mendapatkan semua expansionnya. Namun, berhubung sudah ada sekitar 15 ribu mod untuk game ini di Fallout 4 Nexus, game ini tetap dapat membuat Anda asik bertualang di Commonwealth Wasteland selama ratusan jam.

Meski begitu, jika Anda masih bisa bersabar dan tidak terlalu fanatik dengan game open-world dengan belasan ribu mod, saya sarankan untuk bersabar dan menunggu versi GotY-nya.

Oh iya, jujur saja, jika saya disuruh memilih antara FO4 ataupun Skyrim, saya jelas memilih Skyrim namun keterlaluan namanya jika Anda mengaku penggemar RPG namun belum pernah bermain ataupun membeli Skyrim. So, FO4 lah yang saya pilih untuk masuk di daftar kali ini.

6. Doom (2016) | -67% | Rp 256 740

5-doom-2016

Lagi-lagi, saya tahu memang banyak orang itu susah lepas dari kenangan-kenangan indah nostalgia. Jadi, tidak sedikit juga orang yang mencibir bahwa DOOM ini tidak sehebat versi klasiknya.

Well, saya sebenarnya tidak terlalu peduli dengan itu. Penilaian saya benar-benar saya dasarkan atas pengalaman saya pribadi bermain – bukan atas dasar komentar kebanyakan orang.

Faktanya, game ini tetap jadi FPS paling mantab yang dirilis di 2016. Feel shooting yang sangat solid dan grafis yang aduhai cukup meyakinkan saya bahwa ia harus masuk ke daftar belanja saya.

7. Divinity: Original Sin Enhanced Edition | -50%| Rp 134 999

Game ini memang mungkin tidak banyak yang tahu karena genre RPG klasik itu memang biasanya hanya disukai oleh mereka-mereka yang fanatik RPG (seperti saya).

Namun ia sempurna dalam banyak segi, gameplay dan cerita. Meski memang ada dua catatan kenapa ia berada di urutan nomor 7.

Pertama, saya sudah beli yang versi klasik (rilisan 2014) jadi mungkin memang cukup berat awalnya untuk meyakinkan diri saya sendiri untuk membeli versi Enhanced Edition ini. Kedua, well, karena ia masuk ke kategori cRPG, saya tahu tidak banyak gamer sekarang ini yang suka membaca – kebanyakan gamer sekarang lebih suka dengan menonton cut-scene.

Namun demikian, jika Anda memang fanatik dengan RPG (dan belum memainkan versi klasiknya), ataupun Anda ingin mencoba masuk ke dalam RPG yang mampu menenggelamkan Anda dalam cerita yang kompleks, Divinity: Original Sin Enhanced Edition ini wajib masuk daftar belanja.

8. Borderlands 2 Game of the Year | -78% | Rp 59 399

borderlands-2

Borderlands 2… Hmm… Berhubung saya memang punya banyak kenangan asik dengan game ini, seperti saat saya bermain bersama kawan-kawan saya dari pagi sampai pagi lagi saat masih di majalah PC Gamer Indonesia dulu (sehingga jadi sering lupa deadline kwkwkwk), saya yakin Anda juga akan mendapatkan kenangan manis bermain bersama kawan-kawan Anda di sini.

Bagi saya, BL2 ini adalah yang terbaik dari 3 game Borderlands yang pernah dirilis. Gameplay yang asik, replay value yang sangat tinggi, karakter-karakter yang sangat menghibur, ataupun grafis yang unik membuat game ini jadi salah satu game yang paling memorable bagi saya.

Mungkin game ini memang bukan yang terbaru dari seri Borderlands namun berhubung saya lebih menyukai BL2 ketimbang Pre-Sequel, saya memilih untuk memasukkan yang satu ini.

9. Grim Dawn | -40% | Rp 101 999

grim-dawn

Seperti yang saya bilang tadi, RPG itu memang favorit saya. Jadi, 1 lagi RPG yang masuk ke daftar rekomendasi saya kali ini. Grim Dawn ini memang tidak terlalu populer namun tanpa terasa saya sudah menghabiskan ratusan jam saat masih asik memainkannya.

Ia menggunakan formula RPG point-and-click layaknya Diablo klasik ataupun Titan Quest. Oh iya, developer game ini, Crate Entertainment, adalah developer yang membeli engine Titan Quest di 2009. Jadi, jika Anda suka dengan Titan Quest ataupun game-game sejenisnya, Torchlight ataupun yang lainnya, kemungkinan besar, Anda juga akan menikmati Grim Dawn.

10. Far Cry Franchise | -50 – 75% | Rp 35 360 – Rp 294 500

far-cry-4

Nama besar Ubisoft mungkin memang sedang banyak menerima sindiran akhir-akhir ini. Namun, saya pribadi, penilaian saya selalu lebih menitikberatkan ke tiap-tiap produknya – bukan ke brand-nya.

Kenyataannya, franchise Far Cry merupakan salah satu franchise FPS terbaik yang ada dalam sejarah. Grafisnya selalu jadi salah satu yang terbaik di jamannya. Gameplay-nya pun selalu kaya dan beragam – apalagi jika dibanding dengan game FPS lainnya. Ceritanya pun selalu menarik dan menghibur. Plus, saya memang suka dengan game-game Open World, terlepas dari apapun genre-nya.

Oh iya, mungkin memang ada satu judul yang saya tidak suka dari semua game Far Cry yang pernah dirilis, yakni game terakhirnya, Far Cry Primal. Namun, selain 1 game itu, semua seri Far Cry, bagi saya, wajib masuk dalam daftar belanja.

Akhirnya…

Game-game yang masuk daftar ini merupakan 10 dari ratusan game favorit saya sepanjang masa (yang tidak bisa saya sebutkan semuanya karena bisa jadi buku sendiri).

Judul-judul yang masuk daftar kali ini adalah game-game terbaik (bagi saya) yang tidak terlalu jadul dan ada beberapa pertimbangan spesifik lainnya – yang saya sebutkan di tiap-tiap judul, plus memiliki potongan harga yang cukup signifikan.

Jadi, selamat belanja…!

Jakarta, 24 November 2016

Yabes Elia

Yabes Elia

Have been playing around in the gaming industry since December 2008. A true believer of Johan Huizinga's saying, "let my playing be my learning". That's why I'm living my games and playing with life.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.