Game Stray Sukses Bantu Kucing Terlantar di Dunia Nyata

Game petualangan kucing liar di dunia Cyberpunk, Stray dengan mudah menjadi salah satu game paling ikonik dari 2022 silam. Apalagi Stray sukses memenangkan beberapa penghargaan bergengsi.

Namun dibalik grafis yang wah dan gameplay yang unik, ternyata Stray juga memberikan dampak kepada para kucing di dunia nyata. Karena sang publisher Annapurna Interactive kini bekerja sama dengan beberapa organisasi penyelamatan binatang.

Dikutip dari perbincangannya dengan Public Broadcasting Service (PBS) Amerika Serikat, Marketing Director Annapurna Interactive, Jeff Legaspi menyebut bahwa kerja sama tersebut bukanlah hal yang sulit untuk diputuskan.

Untuk merealisasikan hal tersebut, Annapurna Interactive menggandeng Nebraska Humane Society untuk mengumpulkan penggalangan dana. Dengan bermodalkan donasi $5 para penyumbang juga mendapatkan game Stray.

stray sukses
Image Credit: Annapurna Interactive

Hasilnya, acara penggalangan dana tersebut sukses besar. Marketing Specialist dari Nebraska Humane Society, Brendan Gepson menyebutkan bahwa mereka berhasil mengumpulkan dana hingga $8.000 atau sekitar Rp121 juta.

Organisasi penyelamatan binatang asal Brazil Gatos de Francisco juga ikut serta dalam aksi penggalangan dana dan berhasil mengumpulkan dana yang setara dengan biaya untuk mensterilkan 25 kucing.

Tidak lupa perwakilan dari organisasi tersebut, Rafael Ameida memuji Stray sebagai game yang sangat indah. Terutama karena tujuan game-nya untuk mempertemukan kembali para kucing yang sama dengan apa yang ingin penampungan kucing tersebut lakukan.

Selain bersama berbagai pihak ketiga, Annapurna Interactive juga membuat penggalangan dananya sendiri. Salah satu cara yang dilakukan adalah menjadi sponsor untuk acara walkathon yang diselenggarakan oleh Stray Cat Relief Fund.

Acara jalan sehat itupun disebut berhasil mengumpulkan dana hingga $6.500 atau sekitar Rp 90 jutaan. Perwakilan dari organisasi Stray Cat Relief Fund, Debbie Distanisloa menyebutkan bahwa dana yang terkumpul akan digunakan untuk perwatan medis bagi kucing liar.

“(Dana yang berhasil dikumpulkan) sangat mencengangkan. Hanya dengan membuat kucing terlantar sebagai bintang video game adalah hal yang menakjubkan” ungkap Debbie.

Debbie juga berharap bahwa apa yang dia lakukan bersama Annapurna Interactive ini dapat membangun empati yang lebih besar dari orang-orang terhadap keberadaan kucing liar.

Adi Nawan

Adi Nawan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.