Amazon Ingin buat Tomb Raider punya Semesta Terhubung

Tomb Raider tanpa diragukan merupakan salah satu judul game legendaris yang ikonik dengan sang protagonis, Lara Croft. Namun sayangnya, semesta Tomb Raider seakan tidak berkembang ketika dimiliki oleh Square Enix.

Bahkan, Square Enix kemudian ‘membuang’ Tomb Raider setelah trilogi game-nya rampung. Untungnya, tidak lama setelah Embracer Group langsung menampung Tomb Raider bersama dengan developer Crystal Dynamics.

Meskipun rencana untuk game Tomb Raider selanjutnya belum diumumkan, namun ternyata rencana untuk mengembangkan semesta dari karakter ini sudah muncul. Namun bukan dari Embracer, melainkan dari Amazon.

Dilaporkan oleh The Hollywood Repoter, ternyata Amazon berani menggelontorkan dana hingga $600 juta atau sekitar Rp 8,9 triliun untuk menyewa hak guna judul game tersebut dari Embracer.

Tomb Raider semesta
Image Credit: Embracer

Dengan nomimal yang tidak sedikit tersebut, Amazon tentunya tidak mengharapkan bahwa judul Tomb Raider ini hanya akan berakhir sebagai seri game seperti sebelumnya. Bahkan Amazon ternyata telah memiliki strategi yang ambisius.

Untuk awalnya, Amazon akan menjadi publisher yang akan menanggung semua biaya proses pengembangan game Tomb Raider terbaru di masa depan. Game ini bahkan telah dipastikan akan menggunakan Unreal Engine 5.

Selain video game, Amazon ternyata telah memiliki dua proyek lain untuk judul Tomb Raider ini. Yaitu sebuah film layar lebar dan juga serial TV. Uniknya khusus serial TV ini disebut akan memiliki hubungan dengan video game-nya.

Amazon sendiri mengklaim ingin membuat semesta Tomb Raider ini layaknya semesta Marvel Cinematic Universe (MCU). Dan keseriusan Amazon terlihat dari persiapannya untuk film serinya.

Tomb Raider semesta
Image Credit: Embracer

Untuk merealisasikan film serinya tersebut, Amazon menggandeng rumah produksi dj2 Entertainment. Proyek serial TV Tomb Raider ini nantinya akan ditangani oleh Waller-Bridge yang pernah memenangkan penghargaan Emmy untuk serial TV Fleabag.

Sayangnya proses pengembangan serial TV Tomb Raider ini masih berada di tahap awal. Sehingga masih belum ada nama aktor dan aktris yang dikaitkan dengan proyek ini.

Bila komitmen Amazon terhadap Tomb Raider ini dapat terlaksana maka mungkin akhirnya para fans Lara Croft akan mendapatkan film adaptasi yang layak. Apalagi bila nantinya Amazon dapat mengembangkan semesta Tomb Raider lebih dari sekadar Lara Croft.

Tomb Raider sendiri bukan satu-satunya judul game yang akan diadaptasi oleh Amazon sebagai video game. Karena sebelumnya mereka juga telah mengumumkan akan menggarap film live-action dari God of War.

Adi Nawan

Adi Nawan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.