5 Jalan Menemukan Kembali Motivasi #2

Artikel ini merupakan lanjutan dari Bagian pertama. Jika Anda belum membacanya, Anda bisa membaca artikel tersebut terlebih dahulu. Jika sudah, mari kita lanjutkan.

2. Do it for Others

Manusia itu memang aneh. Di satu sisi, manusia adalah mahluk individualis yang tidak jarang mementingkan kepentingan diri sendiri di atas kepentingan orang ataupun mahluk lain. Namun di sisi lain, kita juga merupakan mahluk sosial yang tidak bisa hidup tanpa orang ataupun mahluk lain.

Uniknya, meski manusia adalah mahluk egois, sejumlah riset dan para psikolog menunjukkan bahwa motivasi terbesar kita justru datang dari luar diri kita, alias orang lain.

“The purpose of life is not to be happy. It is to be useful, to be honorable, to be compassionate, to have it make some difference that you have lived and lived well.” – Ralph Waldo Emerson

Kita merasa bahagia ketika kita tahu kita berguna atau berperan penting bagi orang lain. Di situ jugalah letak motivasi yang hilang yang bisa Anda dapatkan kembali.

Ijinkan saya kembali mengambil diri saya sendiri sebagai contoh di sini. Tujuan utama saya dengan zilbest.com ini adalah karena saya ingin berguna bagi mereka yang mau belajar.

Saya merasa bahagia karena paling tidak saya bisa berbagi dengan Anda meski saya harus meninggalkan pekerjaan kantoran dengan gaji tetap yang lumayan nominalnya.

Namun demikian, saya harus kerja keras di sini karena saya sudah memiliki anak yang membutuhkan banyak biaya untuk hidup. Saya tidak boleh bermalas-malasan karena ada hidup yang bergantung pada saya.

anak-motivasi-zilbest

Anak merupakan salah satu contoh termudah bagaimana orang bisa melakukan sekian banyak hal yang mungkin tidak akan mungkin dilakukan sebelumnya.

Namun, jika Anda belum punya anak, jangan terburu-buru sebelum Anda tahu betul alasan dan motivasi yang kuat. Karena, faktanya, tanggung jawab sebagai orang tua mungkin adalah tanggung jawab terbesar setiap manusia.

Jadi, dengan kata lain, jika Anda kehilangan motivasi, Anda bisa kembali membawa alam sadar Anda untuk berpikir. Ada siapakah yang bisa memanfaatkan proyek atau proses yang Anda lakukan saat ini? Saya yakin, setiap kita pasti bisa menghubungkan proses-proses tadi dengan orang-orang di sekitar kita.

komunitas-motivasi-zilbest

Minimal, jika Anda seorang pelajar, Anda bisa melakukannya untuk orang tua Anda yang telah mengorbankan banyak kepentingan pribadinya demi kepentingan Anda. Jika Anda peduli dengan komunitas tertentu, komunitas gamer, overclocker, guru, pelajar, pecinta anime, ataupun yang lain-lainnya, Anda juga dapat melakukannya untuk mereka.

Satu hal yang sangat saya percayai adalah hidup kita jadi jauh lebih berarti ketika kita bisa berguna bagi orang lain. Dan, aktualisasi diri – bahwa hidup Anda berarti – adalah sebuah motivasi yang kuat untuk membuat Anda beranjak dari kemalasan.

Lagi-lagi, saya akan melanjutkan artikel ini di bagian selanjutnya agar Anda bisa rehat sejenak sembari berpikir dan bertanya pada diri Anda sendiri.

Jakarta, 25 April 2016.

Yabes Elia

Yabes Elia

Have been playing around in the gaming industry since December 2008. A true believer of Johan Huizinga's saying, "let my playing be my learning". That's why I'm living my games and playing with life.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.