Getty Images Tuntut Kreator Gambar AI, Stable Diffusion

Kehadiran kecerdasan buatan atau AI di kehidupan berinternet kelihatannya mulai meresahkan beberapa pihak. Salah satunya adalah Getty Images yang tuntut AI Stable Diffusion tentang masalah hak cipta.

Melalui pernyataan resmi yang diposting di website-nya, Getty Images menyatakan telah mengambil langkah hukum ke Pengadilan Tinggi London, Inggris terhadap Stable Diffusion.

Dalam gugatannya, Getty Images menyebut bahwa developer Stability telah melanggar hak kekayaan intelektual. Hal ini dikarenakan ada jutaan foto berlisensi yang diklaim disalin dan diproses menggunakan Stable Diffusion.

Permasalahan muncul karena para pengguna Stable Diffusion ini menggunakan hasil karya yang telah diolah tersebut untuk kepentingan komersial tanpa meminta izin dari Getty Images.

Getty Images Tuntut
Image Credit: Getty Images

Padahal, Getty Images menyebutkan bahwa mereka telah menyediakan lisensi kepada para inovator teknologi untuk tujuan yang berkaitan dengan pelatihan sistem AI dengan tetap menghormati hak kekayaan pribadi dan intelektual.

“Stability AI tidak mencari lisensi apapun dari Getty Images dan sebagai gantinya kami percaya memilih untuk mengabaikan opsi lisensi yang layak dan perlindungan hukum yang sudah ada hanya untuk mengejar kepentingan komersial secara pribadi.” tulis Getty Images.

Secara teknis, Getty Images mempermasalahkan langkah yang digunakan Stable Diffusion dalam melatih sistem AI-nya. Karena dalam pelatihannya, Stability AI akan memasok jutaan atau bahkan miliaran gambar ke dalam sistem AI-nya untuk dapat memahami perintah dari penggunanya.

Gambar-gambar tersebut dikumpulkan dari berbagai sumber di internet, termasuk dari Getty Images. Salah satu penyedia dataset dari gambar dan juga teks ini adalah LAION. Dan Stable Diffusion memang mengambil data dari sana.

Getty Images Tuntut
Image Credit: Youtube Zach Hurst

Namun bedanya LAION merupakan sebuah perusahaan non-profit yang berfokus pada pendataan gambar dan teks dunia maya. Sehingga mereka memang tidak menerapkan biaya dan dataset yang disediakan dapat diakses secara bebas oleh siapapun.

Hal yang berbeda tentu terjadi pada Stable Diffusion karena mereka memberikan hak guna gambar yang mereka buat secara eksklusif terhadap pembuatnya.

Padahal ada resiko pengguna tersebut mencuri style dari artis lain, atau bahkan gambar yang dibuat mencuri kemiripan dari orang, obyek, hingga lokasi di dunia nyata yang mungkin dilindungi secara huku,

Usaha Getty Images untuk tuntut Stability AI merupakan langkah baru yang berpotensi melahirkan regulasi-regulasi baru yang akan mengatur mengenai hak guna gambar yang dihasilkan oleh AI di masa depan.

Adi Nawan

Adi Nawan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.