10 Aplikasi Android yang Wajib Digunakan di 2016

Platform Android memang punya lebih banyak game ketimbang apps. Namun demikian, jumlah aplikasi yang ada di Android juga banyak sekali, yang seringkali menyulitkan kita memilih mana yang paling baik di antara puluhan aplikasi sejenis.

Karena itulah saya membuat artikel ini. Inilah 10 aplikasi yang bagi saya wajib diinstal, yang sangat berguna dan menawarkan fitur lebih baik dari aplikasi-aplikasi lain sejenis.

Android-apps

Sebelum saya membahasnya satu per satu, saya ingin menjelaskan satu hal terlebih dahulu. Saya tidak memasukkan kategori Instant Messaging ataupun Social Media di sini karena hal tersebut sepenuhnya tergantung dari selera masing-masing.

Misalnya Social Media, bagi Anda yang lebih suka Twitter, tentu saja tidak perlu menginstall Facebook. Demikian juga dengan Instant Messaging, jika kebanyakan kawan-kawan Anda menggunakan Whatsapp, kemungkinan besar Anda tidak perlu WeChat, Line, ataupun yang lainnya.

facebook

Jadi, 10 aplikasi yang saya masukkan di sini adalah aplikasi-aplikasi yang, menurut saya, berguna bagi semua pengguna.

Namun demikian, tetap saja, daftar ini bisa jadi sangat subjektif karena berbagai faktor pribadi dan saya juga hanya mencoba sekitar ribuan aplikasi dari berbagai kategori selama beberapa tahun terakhir – tidak semua aplikasi yang ada di Google Play saya coba– jadi kemungkinan besar, Anda bisa memiliki selera yang tidak sama dengan saya.

So, tanpa basa-basi lagi, inilah 10 Aplikasi Wajib pilihan saya.

1. Google Docs / Sheets / Slide

google-docs-sheets-and-slides

Ketiga aplikasi ini masuk ke urutan pertama karena faktor kepentingannya – karena saya menggunakannya untuk kerjaan. Tak jarang saya harus mengetik di tablet ataupun ponsel ketika saya mendapatkan pekerjaan meski berada jauh dari PC kesayangan saya.

Saya sudah mencoba banyak aplikasi Office lainnya namun akhirnya saya tetap kembali lagi ke aplikasi resmi dari Google ini. Pasalnya, hal utama yang membuat saya memilihnya adalah akses cloud nya yang sangat-sangat mudah dibanding aplikasi-aplikasi sejenis.

Saya tidak perlu lagi membuat akun baru karena, well, jika Anda menggunakan perangkat Android, kemungkinan besar Anda pasti punya akun Google. Jadi, dengan aplikasi ini, saya bisa berganti-ganti perangkat untuk mengerjakan kerjaan yang sama.

google-docs-1
Google Docs di Ponsel Android

Saya bisa mengetik satu artikel di tablet, kemudian karena anak saya sering menggunakan tablet saya untuk bermain game, saya bisa menyimpan artikel tersebut dan melanjutkannya kembali di ponsel, atau jika artikel tersebut butuh sentuhan yang lebih detil, saya bisa melanjutkannya di PC.

Oh iya, asiknya lagi, berbeda dengan aplikasi-aplikasi Office lainnya yang mengharuskan Anda menginstall semua fungsi editor: Document (.doc), Sheets (.xls), ataupun Presentation (.ppt), Anda bisa memilih satu aplikasi yang hanya Anda butuhkan.

google-docs-browser
Google Docs di PC Browser

Misalnya saja, karena saya lebih sering mengetik, saya hanya menginstall Google Docs. Jika Anda lebih banyak berkutat dengan tabel dan akuntansi, Anda bisa menginstall Google Sheets saja.

Dengan demikian, Anda tak perlu khawatir perangkat Android Anda akan kepenuhan karena terlalu banyak aplikasi.

2. Fleksy

fleksy

Mungkin dari sekian banyak kategori aplikasi, 3rd Party Keyboard adalah yang paling banyak saya coba. Karena, well, jempol saya berukuran cukup besar untuk layar ponsel saya.

Plus, jujur saja, saya juga tidak terlalu nyaman mengetik di layar sentuh – karena full-size keyboard di PC dan QWERTY keyboard fisik di ponsel masih lebih nyaman dan cepat bagi saya – saya selalu mencoba aplikasi-aplikasi keyboard baru yang dirilis di Google Play.

fleksy-keyboard

Fleksy keyboard adalah yang paling nyaman untuk ibu jari saya karena ukurannya yang cukup besar dan tidak terlalu banyak tombol-tombol di layar seperti keyboard-keyboard lainnya.

Plus, saya suka tampilannya yang sederhana tapi elegan dan ia tidak ada iklan meski gratisan. Karena saya menemukan sebuah keyboard yang menampilkan iklan di bagian atas keyboard setiap saya mengetik di browser – dan Anda harus membayar untuk menghilangkan iklan tersebut.

Fleksy keyboard tidak akan memaksa dan mengganggu Anda untuk merogoh kocek dan membuka semua fitur pentingnya.

3. Firefox

firefox

Di PC, Mozilla Firefox mungkin memang semakin kehilangan popularitasnya karena Google Chrome. Namun di perangkat Android, Firefox masih jadi browser utama saya.

Bagi saya, tidak ada browser lain yang lebih baik ketimbang Chrome ataupun Firefox di platform Android – terlepas dari apapun yang dikatakan iklan-iklan browser lain – kedua browser inilah yang paling ringan, cepat, dan paling berguna.

firefox-browser

Namun alasan saya memilih Firefox ketimbang Chrome di Android cuma satu: AdBlock.

Google Chrome di Android tidak seperti di PC yang mengijinkan AdBlock. Padahal di jaman sekarang, banyak sekali iklan-iklan yang sangat mengganggu dan menyebalkan – seperti iklan-iklan bokis “Ponsel Anda Kena Virus!” dkk yang langsung keluar tanpa diklik.

4. Nova Launcher

Nova-Launcher

Android Launcher juga merupakan salah satu kategori aplikasi yang paling banyak saya coba karena saya ingin tampilan yang rapih dengan fungsi yang berguna di layar utama perangkat Android saya.

Dari sekian banyak launcher, saya selalu kembali ke Nova Launcher yang merupakan salah satu launcher dari jaman versi awal-awal Android namun selalu rajin update.

Untuk urusan kustomisasi, Nova Launcher menawarkan fitur yang cukup lengkap meski memang bukan yang paling fantastis – ada Buzz Launcher dan Themer jika Anda suka tampilan yang lebih bombastis.

Nova-Launcher-screenshot

Namun dari sisi fungsi, bagi saya Nova Launcher adalah yang paling sesuai dengan selera saya. Ia ringan, cepat, namun bermanfaat. Plus, beberapa launcher dengan tampilan yang aneh-aneh yang pernah saya coba justru jadi membuat perangkat saya melambat dan terkadang crash.

BACA JUGA: 3 EMULATOR TERBAIK UNTUK WINDOWS

5. Solid Explorer

solid-explorer

Saya yakin di jaman sekarang ini, setiap perangkat Android pasti sudah dilengkapi dengan File Manager bawaan masing-masing.

Namun, jujur saja, beberapa File Manager bawaan itu tidak menawarkan fitur yang lengkap. Karena itulah saya menggunakan Solid Explorer ini. Karena File Manager ini menawarkan segudang fitur berguna seperti FTP, Root Explorer, dan, yang paling menarik, Dual Explorer.

solid-explorer-screenshot

Fitur Dual Explorer ini memungkinkan saya membuka 2 lokasi yang berbeda saat bersamaan dan hal ini sangat memudahkan saya mengatur file. Plus ia juga mengijinkan saya transfer file dari PC ke perangkat Android (atau sebaliknya) via WiFi.

6. Flash VPN

flash-vpn

Proxy atau Virtual Private Network merupakan salah satu hal paling berguna bagi para pengguna internet di Indonesia karena Pemerintah yang masih terlalu parno dengan yang namanya internet.

Dengan Flash VPN ini, Anda bisa mengunjungi semua situs-situs yang diblokir (apapun itu alasan Anda) oleh Internet Positif.

Jujur saja, saya percaya tiap orang berhak mendapatkan akses internet tanpa batas – siapapun itu, untuk alasan apapun itu – karena urusan moral adalah urusan keluarga masing-masing, bukan urusan negara.

FlashVPN

Plus, karena terlalu parno itu tadi, ada juga situs-situs yang diblokir tanpa alasan yang jelas, misalnya seperti Reddit, yang merupakan salah satu forum terbesar di dunia maya.

Dari semua aplikasi proxy dan VPN yang pernah saya coba, Flash VPN adalah aplikasi gratis yang paling cepat dibanding yang lainnya – karena itulah saya memilihnya .

7. GLTools (Premium) / Free Version

gltools

Berhubung saya adalah gamer, tidak lengkap jika saya tidak memasukkan aplikasi untuk kebutuhan gaming di sini.

Lagipula, saya kira setiap pengguna Android pasti punya minimal satu game yang terinstal di perangkatnya masing-masing.

GLTools ini merupakan aplikasi yang paling berguna untuk kebutuhan gaming.

Percaya saya, aplikasi-aplikasi semacam Game Booster dan kawan-kawan yang menjanjikan performa lebih kencang sebenarnya tidak terlalu berguna dan signifikan karena sebenarnya tidak ada yang dilakukan oleh aplikasi-aplikasi tersebut yang nyata-nyata secara teknis berdampak pada performa.

gltool

Namun GLTools ini berbeda. GLTools melakukan tweaking terhadap driver OpenGL di Android Anda – yang merupakan API yang bertanggung jawab atas performa 3D – sehingga Anda bisa mendapatkan konfigurasi yang lebih sesuai dengan selera ataupun perangkat Anda.

Dengan GLTools ini, Anda bisa mengaktifkan Anti-Aliasing jika tampilan game kurang keren ataupun menurunkan resolusi game jika terlalu berat untuk perangkat Android Anda.

Silahkan mengunjungi thread GLTools di forum XDA untuk tahu lebih lanjut mengenai fungsi-fungsi aplikasi yang sangat berguna ini.

8. MX Player

mx-player

Seperti File Manager, saya juga yakin setiap perangkat Android pasti memberikan Multimedia Player bawaan. Namun lagi-lagi, saya tidak puas dengan fitur yang ada di aplikasi-aplikasi bawaan itu.

MX Player adalah Multimedia Player yang paling saya sukai karena fiturnya yang paling lengkap dari semua aplikasi-aplikasi sejenisnya.

mx-player-gesture

Ada fungsi Lock Screen yang akan menon-aktifkan layar sentuh jika Anda tidak ingin terganggu saat menonton film dan fungsi gesture yang lengkap yang sangat memudahkan Anda mengatur video sesuai dengan selera.

Plus, MX Player juga dilengkapi dengan segudang fitur lain yang sangat berguna bagi pengguna awam ataupun expert.

9. CCleaner

CCleaner_logo_2013

Perangkat Android Anda akan semakin penuh dengan file-file sampah seiring waktu. Karena itulah, Anda mungkin membutuhkan pembersih sampah-sampah tadi.

CCleaner sudah cukup populer di platform Windows PC dan ia jadi salah satu yang saya percayai untuk membersihkan perangkat Android saya.

Pasalnya, saya pernah menemukan sejumlah aplikasi pembersih lain yang jelas-jelas bokis karena menunjukkan ukuran file sampah saya yang bahkan lebih besar dari storage perangkat Android saya.

ccleaner-android

Oh iya, CCleaner juga tidak akan mengganggu Anda dengan Push Notification ataupun iklan-iklan untuk menginstall aplikasi-aplikasi sponsor.

Aplikasi ini juga saya gunakan untuk menon-aktifkan aplikasi-aplikasi bawaan yang tidak berguna sehingga bisa diaktifkan kembali jika terjadi masalah atau jika Anda ingin menjual perangkat Android Anda.

10. Titanium Backup Pro / Free Version

titanium-backup

Last but not least, Backup adalah hal yang penting yang harus Anda lakukan secara berkala. Pasalnya, Anda tidak akan pernah tahu kapan perangkat Anda akan ngambek dan berhenti bekerja atau ketika Anda ingin berganti perangkat.

Yang pasti, bagi Anda yang sudah berpengalaman menggunakan perangkat digital, seperti PC ataupun ponsel, yang penuh dengan data berharga, Anda pasti mengerti betapa pentingnya backup.

Titanium Backup merupakan salah satu aplikasi backup yang paling populer dan paling tua yang ada di Android. Hal ini dikarenakan oleh fitur dan fungsinya yang memang sangat berguna dalam mengamankan data-data Anda.

titanium-backup-screenshot

Asiknya, Anda bisa membackup semua data dan aplikasi Anda ke SD card ataupun ke cloud server. Well, Anda harus membeli versi premiumnya untuk fitur backup ke cloud-nya namun saya menyarankan Anda untuk membelinya jika memang peduli dengan backup.

Pasalnya, harga versi premiumnya juga sangat terjangkau (Rp 77 ribu saat artikel ini ditulis) dan Anda bisa menggunakannya di semua perangkat Android yang Anda gunakan, termasuk jika Anda ingin berganti perangkat di kemudian hari – selama Anda masih menggunakan akun Google yang sama.

android-apps

Finally…

Akhirnya, kita sampai di akhir artikel kali ini. Sekali lagi, bisa jadi selera Anda berbeda dengan saya, namun, paling tidak, Anda wajib mencoba 10 aplikasi yang saya sebutkan tadi jika tertarik dengan fungsi yang ditawarkannya.

Selamat mencoba dan semoga berguna bagi Anda…!

Jakarta, 29 Juli 2016

Yabes Elia

Yabes Elia

Have been playing around in the gaming industry since December 2008. A true believer of Johan Huizinga's saying, "let my playing be my learning". That's why I'm living my games and playing with life.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.