TOP 10 Fallout 4 MODS

Fallout 4 memang istimewa. Ia adalah game besutan salah satu developer game favorit saya, Bethesda Softworks. Layaknya seri Elder Scroll, salah satu keunggulan game-game Bethesda adalah ramah modding.

Artikel ini dipersembahkan oleh FSP Hydro G: PSU Gaming Premium dari produsen Suplai Daya kelas Kakap, FSP.

Seri FSP Hydro G dilengkapi dengan Active PFC ≧ 99%, 100% Japan-made E-cap, Server Grade Circuit, 100% Japan-made E-cap, 135mm FDB fan, dan Full Protection: OCP, OVP, SCP, OPP, UVP, OTP, untuk memastikan PC Anda sanggup menemani Anda bermain game ini dari pagi sampai pagi lagi.”

hydro-g-medium_780x150

Saya pribadi merasakan bahwa memainkan game Bethesda tanpa modding itu seperti mandi tanpa sabun, minum kopi tanpa air panas, jalan-jalan tanpa pakai celana nyahaha

Namun demikian, jumlah mod yang tersedia untuk Fallout 4 sudah buanyaak minta ampun. Nexus Mods, yang merupakan salah satu situs game mod terbesar, mencatat ada 12 ribu mod untuk Fallout 4 yang sudah dirilis (pada tanggal 2 Juli 2016).

Tentunya, memilih mod-mod terbaik dari belasan ribu pilihan itu jadi tidak mudah. Karena itulah, saya memilihkan 10 Mod Terbaik untuk Fallout 4 yang, bagi saya, wajib digunakan.

Fallout4_Wasteland

1. Texture Optimization Project

Mod pertama yang paling berguna bagi saya adalah Texture Optimization Project ini. Pasalnya, mod ini akan mengganti semua tekstur yang ada di dalam game sehingga lebih ideal.

Tekstur yang lebih optimal di game-game Open World berskala masif seperti seri Fallout dan Elder Scroll akan memberikan dampak yang cukup besar terhadap performa game tersebut.

Pasalnya, selain waktu loading yang lebih singkat, tekstur yang lebih optimal juga akan meningkatkan FPS (frame per second) game yang Anda mainkan tanpa harus kompromi melihat tekstur yang buram – seperti jika Anda menurunkan kualitas tekstur di setting grafis.

fallout-4-texture-optimization-project

Jika Anda memiliki PC dengan hardware kelas menengah atau bawah, mod ini wajib untuk digunakan karena ia akan memastikan Fallout 4 berjalan lebih mulus.

Jika Anda sudah menggunakan hardware kelas atas, mod ini juga tetap bisa digunakan sehingga kartu grafis Anda bisa lebih fokus untuk kalkulasi grafis berat, layaknya Bloom, Ambient Occlusion, Dynamic Shadow, dan kawan-kawannya.

Another Best Graphic Mods:

Enhanced Wasteland (Alt)

2. Any Mod Any Weapon

Satu aspek yang membuat Fallout 4 tidak pernah membosankan dimainkan adalah sistem pertempurannya yang solid dengan sistem persenjataan yang lengkap.

Namun demikian, tidak ada salahnya juga untuk meningkatkan kompleksitas sistem persenjataan dengan mod yang satu ini. Pasalnya, dengan mod ini, Anda sekarang bisa memasangkan semua mod ke semua senjata.

any-mod-any-weapon

Alhasil, Anda bisa mendapatkan kombinasi senjata-senjata baru yang gila, overpowered, dan memang tidak masuk akal namun saya sangat menyukainya.

3. Take Cover

1xrLCzZp0Vx2E

Seperti yang saya tuliskan di atas, mekanisme pertempuran Fallout 4 memang sudah sangat menyenangkan namun mod ini akan membuatnya jadi jauh lebih asik lagi.

Mod ini akan mengijinkan Anda berlindung di balik objek (take cover) sehingga selain membuat pertempuran terasa semakin realistis, Anda bisa memiliki strategi baru untuk mengalahkan para musuh.

Mod ini jelas jadi salah satu yang terbaik dan wajib digunakan karena ia merupakan mod game-changer yang diimplementasikan dengan sempurna.

4. Looks Menu Compedium

looks-menu-compedium

Meski Bethesda merupakan salah satu developer paling jagoan dalam hal gameplay, plot, dan juga grafis, entah kenapa muka-muka karakter yang ada di game-game mereka terlihat sangat buruk rupa – apalagi jika Anda pernah bermain Skyrim tanpa mod, bahkan jagoan Anda terlihat seperti nenek-nenek.

Karena itu, saya selalu mencari mod untuk mempercantik paras jagoan saya. Ada banyak opsi sebenarnya yang bisa Anda pilih di Nexus Mod untuk memperbaiki wajah-wajah karakter yang ada di game ini namun Looks Menu Compedium ini adalah yang paling lengkap karena mod ini menggabungkan sejumlah mod-mod yang berhubungan dengan tampilan karakter.

looks-menu-compedium-2

Jadi, hanya dengan meng-install satu mod, Anda bisa mendapatkan begitu banyak fitur untuk mendandani karakter Anda agar jadi lebih cantik (atau ganteng, kalau Anda suka bermain dengan karakter cowok).

5. Armorsmith Extended

armorsmith-extended

Jika Any Mod Any Weapon adalah mod wajib untuk melengkapi persenjataan, Armorsmith Extended adalah untuk, well, armor.

Mod ini memiliki begitu banyak fungsi namun yang paling saya sukai dari mod ini adalah ia menghilangkan banyak batasan armor yang ada di game vanilla-nya (original), seperti menggunakan outfit di balik armor dan semua armor yang dikenakan akan terlihat tampilannya.

Plus, ia juga menambahkan craftable armor baru. Satu hal yang pasti, saya belum menemukan mod lain yang lebih lengkap untuk membuat sistem armor di Fallout 4 jadi lebih kompleks dan variatif dibanding mod ini.

6. Higher Settlement Budget

higher-settlement-budget

Satu fitur baru di Fallout 4 yang tidak ada di game pendahulunya adalah aspek Settlement. Dengan fitur ini, Anda seperti memiliki markas yang bisa Anda gunakan untuk berbagai kebutuhan.

Sayangnya, lagi-lagi ada banyak sekali batasan yang diterapkan di sistem vanilla-nya – meski memang mungkin pembatasan ini dilakukan untuk alasan balancing ataupun teknis.

Jika Anda merasa batasan budget yang diterapkan terlalu rendah, Anda bisa menggunakan mod ini untuk membuat Settlement Anda jadi lebih masif.

Jika Anda punya PC yang kencang, Anda bisa menggunakan mod alternatif, Unlimited Settlement Objects, untuk membuat Settlement Anda lebih masif.

fallout-4-settlement

Namun, menurut saya, mod ini mungkin kurang cocok bagi mereka yang kurang berpengalaman dengan modding game karena dengan hilangnya batasan, Anda memang bisa memasukkan semua objek tanpa batasan jumlah.

Namun hal ini juga berarti game Anda akan lebih rentan dengan crash atau hang – kecuali memang Anda sudah berpengalaman soal modding dan tahu yang harus Anda lakukan ketika hal itu terjadi atau tahu cara mencegahnya.

7. OCDecorator

oc-decorator

Satu lagi mod penting yang berhubungan dengan Settlement. Jika Anda pernah mencoba mendandani Settlement, Anda pasti tahu bahwa tugas itu tidak mudah dan akan membuat Anda darah tinggi.

Pasalnya, objek-objek, terutama yang kecil, akan dengan mudah tergeser atau terlempar saat Anda menabrak objek tersebut.

OCDecorator akan menjadi solusi dari permasalahan menyebalkan tadi. Dengan mod ini, Anda bisa jauh lebih mudah mendekorasi Settlement Anda – sehingga Anda tak perlu lagi darah tinggi dan marah-marah tidak jelas di kamar saat bermain.

Alternative Best Decoration Mod: Snap ‘n Build

8. Craftable Ammunition

craftable-ammunition

Hampir semua item bisa Anda buat di Fallout 4, mulai dari senjata, armor, dan lain-lainnya. Namun demikian, satu hal yang menurut saya sedikit aneh kenapa tidak ammo alias peluru.

Padahal kita butuh banyak amunisi sepanjang permainan dan bahkan lebih banyak dari jumlah senjata dan armor yang kita butuhkan dari awal sampai akhir game.

Karena itu sejumlah modder pun mengijinkan Anda membuat peluru sendiri sehingga Anda tak perlu lagi takut kehabisan dan mengais peluru dari berbagai sumber.

Jika Anda ingin yang lebih kompleks dan lengkap, Anda bisa menggunakan Crafting Workbenches namun saya pribadi lebih suka yang sederhana untuk fitur ini.

9. Full Dialogue Interface

full-dialogue-interface

Mod yang selanjutnya lebih ke arah storyline alias plot. Jujur saja, pilihan dialog yang ada di Fallout 4 kadang membingungkan – apalagi jika Anda tidak terlalu terbiasa dengan bahasa Inggris – karena pilihan dialog aslinya merupakan bentuk paraphrase.

Mod ini memang sederhana karena ia akan menggantikan pilihan dialog dengan yang akan dikatakan karakter Anda persisnya kata per kata.

Dengan mod ini, Anda tidak perlu lagi menerka-nerka apa maksudnya ataupun salah pilih opsi yang tidak sesuai dengan keinginan Anda.

10. Cheat Menu

cheat-menu

Last but not least, saya tahu kadang Fallout 4 itu terlalu menyebalkan untuk sebagian gamer yang tidak sabar mengumpulkan resources.

Karena itu, jika Anda berminat, Anda bisa mempersingkat waktu farming dengan menggunakan cheat. Anda sebenarnya bisa menggunakan console commands untuk fungsi cheat yang lebih lengkap namun Cheat Menu ini akan terintegrasi dan Anda harus mencari alat-nya (Holotape) terlebih dahulu.

Jadi, mod ini akan membuat cheat terasa lebih imersif dan juga tidak terlalu overpowered – karena tidak ada opsi Infinite Health / Invicibility.

fallout-4-mods

Akhirnya, masih ada ribuan mod lain yang bisa Anda coba sendiri namun 10 mod di atas adalah yang, bagi saya, wajib untuk digunakan yang membuat Fallout 4 jadi semakin menyenangkan untuk dimainkan.

Plus, mencoba ribuan mod sekaligus tentu saja jadi memakan waktu yang terlalu lama. Dengan ini, Anda bisa mencoba menginstal 9 (jika Anda tidak suka nge-cheat) dan mencoba bermain dengannya. Jika Anda merasa ada yang kurang, Anda bisa menambahkan lagi satu persatu.

fallout-4-mods-2

Apakah Anda setuju dengan saya? Mod lain apakah yang menurut Anda layak masuk dalam daftar ini? Atau Anda ingin request daftar mod terbaik untuk game-game yang lainnya? Tuliskan komentar Anda.. ^,^

Terimakasih untuk FSP Hydro G, PSU Gaming Premium dari FSP, yang telah mensponsori artikel ini. Untuk bermain game dengan nyaman dan bebas masalah, dengan ataupun tanpa modding, pastikan PC Anda menggunakan PSU handal, layaknya FSP Hydro G.

hydro-g-medium_780x150

Jakarta, 4 Juli 2016

Yabes Elia

Yabes Elia

Have been playing around in the gaming industry since December 2008. A true believer of Johan Huizinga's saying, "let my playing be my learning". That's why I'm living my games and playing with life.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.