10 Mouse Gaming Terbaik 2022 untuk Para Gamer

Keberadaan mouse tentunya menjadi hal yang vital bagi para gamer PC. Bertindak sebagai kontrol utama yang dimiliki gamer, memiliki mouse gaming terbaik tentu menjadi impian dari semua gamer.

Saat ini ada begitu banyak mouse gaming dari berbagai merk yang dijual di pasaran. Dengan rentang harga puluhan ribu hingga jutaan Rupiah. Masing-masing mouse juga menawarkan berbagai desain dan fitur yang bisa menunjang permainan.

Mulai dari desain yang nyaman digenggam tangan, sensor dan switch yang akurat, hingga fitur lain seperti nirkabel tentu menjadi aspek-aspek yang diprioritaskan oleh para gamer. Agar tidak salah beli, di sini saya telah merangkum 10 mouse gaming terbaik 2022 yang bisa jadi pilihan.

Logitech G502 X Lightspeed Wireless

Mouse Gaming Terbaik
Image Credit: Logitech

Harga pasaran: Rp1.850.000 – Rp1.950.000

Menjadi suksesor dari salah satu mouse gaming paling populer milik Logitech, G502 X Lightspeed memang membawa bentuk klasik dengan berbagai improvisasi. Mouse ini memiliki desain yang nyaman digenggam dan digunakan untuk waktu lama.

Mouse ini menggunakan sensor Hero 25K dengan DPI yang bisa diatur antara 100 hingga 25.000 DPI. Tersedia juga 12 tombol yang dapat diprogram, membuat G502 X Lightspeed ini memiliki fleksibilitas cukup baik untuk menggarap berbagai game.

Ditambah status ‘Lightspeed’ yang diusung membuat mouse ini bisa digunakan secara nirkabel tanpa gangguan delay. Mouse-nya sendiri dapat bertahan hingga 60 jam permainan dengan RGB kondisi mati.

ASUS ROG Chakram X

Mouse Gaming Terbaik
Image Credit: ASUS

Harga pasaran: Rp1.849.000 – Rp2.249.000

Bagi para gamer yang memiliki preferensi spesifik untuk mouse gaming-nya, maka ASUS ROG Chakram X merupakan jawabannya. Karena meskipun memiliki desain gaming yang elegan, namun mouse ini memiliki tingkat kustomisasi yang tinggi.

Karena pengguna nantinya dapat memodifikasi banyak hal dari mouse gaming ini. Mulai dari plat belakang mouse yang bisa diganti dengan RGB ataupun logo ROG. Hingga pilihan mengganti switch ROG AimPoint dari mouse-nya sendiri.

Hal ini membuat ROG Chakram X dapat menyesuaikan kebutuhan gaming dari penggunanya. Keunikan dari mouse gaming ini tidak hanya sampai di situ, karena ASUS juga menyematkan joystick unik yang bisa dioperasikan dengan jempol saat menggunakan mouse.

Razer Basilisk V3 Pro

Image Credit: Razer

Harga pasaran: Rp2.449.000 – Rp2.669.000

Razer memang menjadi salah satu brand perangkat gaming yang memiliki fans setianya. Maka dari itu Razer pun terus mengimprovisasi produk-produk gaming mereka, termasuk pada salah satu mouse gaming populer mereka, Basilisk V3 Pro.

Versi tertinggi ini menawarkan semua yang dibutuhkan dari sebuah mouse gaming, terutama bagi para pecinta game first-person shooter (FPS). Dengan harga yang cukup tinggi, pengguna akan mendapatkan pengalaman terbaik yang bisa ditawarkan mouse Razer.

Razer Basilisk V3 Pro dilengkapi dengan sensor Focus Pro 30K Optical dengan DPI mencapai 30.000. Kecepatan maksimal 750 IPS dan akselerasi hingga 70G. Ada 11 tombol yang bisa diprogram sesuai keinginan, dan terakhir juga dilengkapi dengan HyperSpeed Wireless agar penggunaan nirkabel tanpa delay.

Logitech G Pro X Superlight Wireless

Mouse Gaming Terbaik
Image Credit: Logitech

Harga pasaran: Rp1.875.000 – Rp2.049.000

Salah satu aspek favorit dari para gamer dalam memilih mouse adalah bobot, dan kelihatannya Logitech G Pro X Superlight Wireless menjadi salah satu jawabannya. Karena meskipun tanpa bodi bolong-bolong mouse ini hanya berbobot 63 gram saja.

Mouse ini menggunakan sensor yang sama dengan G502 X Lightspeed yaitu sensor Hero 25K. Namun karena fokus utama dari mouse ini adalah bobot ringan, maka tombol pengaturan DPI yang ada di mouse kini ditiadakan.

Selain itu, bagi para pecinta banyak tombol di mouse untuk beragam fungsi akan kurang cocok dengan mouse ini karena hanya memiliki 5 buah tombol yang tetap bisa diatur. Selain itu mouse ini juga menghilangkan mayoritas LED RGB-nya demi pemangkasan bobot.

ASUS ROG Keris Wireless

Mouse Gaming Terbaik
Image Credit: ASUS

Harga pasaran: Rp1.490.000 – Rp1.699.000

Bagi yang merasa mouse-mouse gaming sebelumnya terlalu mahal, maka salah satu mouse dari ASUS ini bisa menjadi solusi. Karena ROG Keris Wireless ini memiliki berbagai fitur mewah seperti mouse gaming sebelumnya namun dengan harga yang lebih terjangkau.

Meskipun begitu, ASUS tetap memberikan komponen terbaik untuk mouse gaming satu ini. Seperti sensor yang menggunakan PixArt PAW3335, yang tentunya terbukti popularitasnya. Selain itu mouse ini juga memiliki fitur hotswap untuk switch-nya.

Hal tersebut memberikan nilai plus bagi para gamer yang khawatir dengan masalah double click karena ROG Keris Wireless memberikan solusi yang mudah untuk menggonta-ganti switch mouse-nya sesuai keinginan penggunanya.

SteelSeries Aerox 5 Wireless

Image Credit: SteelSeries

Harga pasaran: Rp1.750.000 – Rp1.899.000

Menjadi salah satu produk terbaru dari SteelSeries, Aerox series mengadopsi desain baru yang berbeda dari seri-seri sebelumnya. Berfokus untuk menghadirkan mouse gaming ringan, SteelSeries kini ikut mengadopsi desain honeycomb.

SteelSeries sendiri ingin agar desain barunya ini lebih ergonomis, nyaman, dan dapat mengakomodasi lebih banyak bentuk tangan, dan juga gaya menggenggam. Apalagi SteelSeries juga tetap percaya diri dengan sensor SteelSeries TrueMove Air milik mereka.

Dengan bobot hanya 74 gram, mouse gaming wireless ini bisa menjadi opsi bagi beragam tipe gamer. Mengingat SteelSeries juga menyediakan 9 tombol yang bisa dikostumisasi sesuai dengan kebutuhan dan keinginan penggunanya.

Razer Naga Pro Wireless

Mouse Gaming Terbaik
Image Credit: Razer

Harga pasaran: Rp1.450.000 – Rp1.550.000

Game MMO (Massively Multiplayer Online) memang bukan genre yang paling populer saat ini. Namun bagi para fans setianya, memilih mouse yang dapat mengakomodasi semua tombol yang dibutuhkan sangat penting. Untuk itulah Razer Naga Pro hadir untuk mengakomodasinya.

Mouse gaming ini memiliki panel dengan 12 tombol tambahan yang dapat dikostumisasi sesuai keinginan penggunanya. Namun berbeda dengan mouse MMO lainnya, Razer membuat panel di sisi kiri mouse ini diganti dengan beberapa panel tombol lainnya.

Sehingga para penggunanya dapat mengganti panel tersebut dengan pilihan 6 tombol tambahan, ataupun 2 tombol tambahan seperti pada mouse gaming pada umumnya. Proses penggantiannya pun cukup mudah sehingga penggunanya mendapatkan fleksibilitas yang tinggi.

Corsair Sabre RGB Pro Wireless

Image Credit: Corsair

Harga pasaran: Rp1.449.000 – Rp1.684.000

Salah satu opsi lain untuk mouse gaming dengan bentuk sederhana namun ringan adalah Corsair Sabre RGB Pro Wireless. Corsair memang tidak bermain agresif untuk desain mouse gaming-nya tapi mereka memastikan bahwa mouse mereka nyaman digunakan.

Meskipun membawa embel-embel RGB, namun LED RGB yang tersedia dalam mouse ini sangat minim yaitu hanya pada logo Corsair yang ada pada punggung mouse-nya. Namun hal ini bisa menjadi pilihan bagi mereka yang menginginkan mouse gaming yang tidak terlalu mencolok.

Mouse gaming ini menggunakan sensor MARKSMAN 26K yang cukup mumpuni untuk game-game FPS. Terutama karena DPI-nya yang mampu mencapai 26.000 DPI, angka yang mungkin sangat sulit untuk disaingi oleh mouse gaming lainnya.

Pulsar XLITE X2 Wireless

Mouse Gaming Terbaik
Image Credit: Pulsar

Harga pasaran: Rp1.499.000 – Rp1.599.000

Meskipun bukan hadir dari brand jawara seperti mouse-mouse lainnya, namun Pulsar menjadi salah satu favorit para gamer dengan mouse gaming-nya yaitu XLITE X2. Mouse baru ini mengedepankan desain minimalis, nyaman digunakan, dan bobot yang ringan.

Hadir tanpa bodi bergaya honeycomb, Pulsar XLITE X2 ini masih mampu hadir dengan bobot ringan 54 g. Keunikan dari mouse ini adalah desain bawah mouse-nya yang menampilkan bagian PCB dan baterai dari mouse-nya.

Untuk performa, XLITE X2 menggunakan sensor PixArt PAW3395 dengan switch Kailh GM 8.0. Membuat mouse ini sudah mampu mengakomodasi kebutuhan berbagai macam gamer saat ini. Apalagi Pulsar juga menjanjikan daya tahan hingga 70 jam.

HyperX Pulsefire Haste Wireless

Image Credit: Hyperx

Harga pasaran: Rp1.3499.000 – Rp1.390.000

Menjadi salah satu brand yang berfokus pada perlengkapan esports, HyperX memang cukup totalitas dalam membuat mouse gaming-nya. Pulsefire Haste Wireless sendiri menjadi andalan baru bagi HyperX di pasar mouse gaming.

Mouse ini merupakan versi wireless dari Pulsefire Haste yang memang telah tersohor. Mouse-nya memiliki desain yang cukup minimalis dengan desain honeycomb yang membuat bobot mouse ini hanya 61 gram.

Desainnya yang simetris membuat mouse ini cocok untuk hampir semua ukuran tangan dan juga grip. Dibekali dengan sensor PixArt PAW3335 yang sudah cukup terkenal di kalangan mouse gaming. Membuatnya cocok menjadi mouse bagi gamer yang fokus pada game-game kompetitif.

 

Berikut tadi adalah 10 mouse gaming terbaik untuk tahun 2022 ini, setiap orang tentu memiliki kebutuhan dan preferensinya masing-masing. Terutama untuk mouse gaming yang memang akan digunakan setiap harinya. Ada baiknya untuk mengecek langsung fisik dari mouse gaming yang akan dibeli untuk memastikan mouse tersebut memang nyaman digunakan.

Adi Nawan

Adi Nawan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.