ROG Strix: Make Gaming Great Again!

Sekarang ini, hampir semua brand hardware punya lini gaming…. Namun, sayangnya, tak jarang brand gaming tadi hanya digunakan sebagai marketing gimmick semata.

Faktanya, jika kita mengacu pada sejarah, ROG adalah brand gaming pertama di industri hardware yang dirilis Asus di tahun 2006.

Setelah ROG laris manis di pasaran dan mendominasi gaming market, brand gaming seolah jadi jalan keluar untuk mendongkrak angka penjualan – tanpa memperhatikan aspek-aspek penting yang memang seharusnya wajib dimiliki.

ghost-recon

Jujur saja, saya pribadi sedikit terganggu ketika melihat banyak produk yang diberi label ‘gaming’, ternyata hanyalah produk murahan yang diberi nama-nama seram ataupun desain boks bergaya futuristis.

Definisi produk gaming itu bukan hanya nama seram ataupun desain kemasan. Harus ada sejumlah standar yang dimiliki oleh produk yang memang layak menyandang predikat gaming.

Introducing the New Candidate: ROG Strix

strix-hero

ROG Strix merupakan keluarga terbaru dari ROG yang menawarkan tampilan yang lebih seksi dan garang.

Namun demikian, bukan ROG namanya jika tidak memberikan kualitas dan fitur sekampung – serius, fitur ROG itu benar-benar sekampung banyaknya kwkwkwkw…

strix-features

Jadi, sebenarnya, apa sajakah kualitas atau syarat dari sebuah produk layak disebut sebagai produk gaming?

Mari kita lihat satu per satu aspek yang, bagi saya, wajib dimiliki oleh sebuah brand yang layak melabeli dirinya ‘gaming’.

Gaming Needs For Speed

gta-iv

Faktanya, kebutuhan gaming itu memang berat – lebih berat daripada kebutuhan dasar PC ataupun multimedia untuk konsumen. Karena itulah, produk gaming seharusnya dapat memberikan daya komputasi yang lebih tinggi ketimbang produk mainstream.

Karena itulah, seri ROG Strix menawarkan akses mudah untuk overclocking. Saya memang sering sekali menyebut istilah ini di sini. Namun faktanya, overclocking memang merupakan cara paling ideal untuk meningkatkan daya komputasi tanpa perlu mengganti (alias membeli) komponen baru yang lebih kencang.

strix-1

ROG Strix GTX 1050 Ti misalnya, yang lagi hot-hot-nya sekarang ini, dilengkapi dengan GPU Tweak II dan Gaming Booster yang mengijinkan Anda memacu performa kartu grafis Anda hanya dengan satu kali sentuhan.

Dengan fitur tadi, Anda yang awam sekalipun, yang takut PC-nya meledak, tetap dapat menikmati performa kencang tanpa perlu repot belajar overclocking ratusan jam.

Fitur kemudahan overclocking ini bisa Anda temukan di semua lini ROG Strix, termasuk di mobo ataupun laptopnya.

gtx-980-ti-asus-18

Jika Anda termasuk para nerd yang suka overclocking manual, seperti saya, di mobo ROG Strix, seperti yang bisa ditemukan di ROG Strix X99 Gaming, ia juga dilengkapi dengan Unique Cache Bus Voltage Adjustment yang mengijinkan Anda meraih frekuensi overclocking lebih tinggi dengan Asus OC Socket.

May Our Framerates be High and Our Temperature Low

pc-gaming-wallpaper

Faktanya, suhu adalah musuh besar komponen dan, semakin lama sebuah produk digunakan, semakin panas pula komponen tersebut. Ini hukum fisika yang tidak akan dapat diingkari, sehebat atau semahal apapun komponen yang bisa Anda beli.

Lagipula, satu hal yang saya percaya adalah main game itu tidak hanya sekedar 2 jam. Main game 1 jam itu sekedar foreplay ^,^… Jadi, ketika mesin gaming Anda harus bekerja keras selama 4 jam atau lebih, suhu komponen akan pasti naik dan hal ini dapat berimbas pada penurunan performa atau malah penyusutan usia komponen.

Ingat, ini main game 3D yang jelas beban komputasinya berat, lain halnya jika Anda hanya stalking Facebook gebetan selama 8 jam tapi malu-malu untuk message nyahaha… So, produk gaming sudah seharusnya dilengkapi dengan pendingin yang mumpuni, yang mampu memuaskan hasrat Anda bermain game semalaman.

strix

Di motherboard, kartu grafis, ataupun laptop ROG Strix, semuanya dilengkapi dengan sistem pendinginan istimewa yang akan menemani sesi gaming Anda sampai ayam berkokok.

Plus, semua lini produk Asus, termasuk ROG Strix, juga telah mengalami ‘masa penyiksaan’ sebelum dirilis ke pasaran untuk memastikan semua dapat bekerja dengan baik – meski Anda begitu tega mengajaknya ‘kencan’ sehari semalaman.

Be Different, Be Unique

sonic_radar_ii_bg

Beberapa tahun silam, saat saya masih jadi Managing Editor majalah PC Gamer Indonesia, saya sempat diundang salah satu brand motherboard ke Saigon, Vietnam, untuk satu acara.

Di acara itu, saya sempat bertemu dengan salah satu engineer motherboard brand tersebut, dan saya bertanya kepadanya, “Adakah satu fitur unik yang ditawarkan oleh motherboard Anda, yang tidak bisa ditawarkan oleh brand motherboard lainnya?”

Sang engineer tadi tidak bisa menjawab pertanyaan saya…

Lalu bagaimana dengan Asus ROG Strix? Well, faktanya mereka bisa menjawab pertanyaan itu dengan mudah. Motherboard Asus ROG Strix dilengkapi dengan Sonic Radar II, yang dikenalkan beberapa tahun silam di seri ROG mereka, yang benar-benar eksklusif untuk lini ROG dan ROG Strix.

Sonic Radar II ini memang istimewa. Saya sudah terkagum-kagum saat pertama kali mencobanya beberapa tahun yang lalu saat masih Sonic Radar (versi pertama).

https://www.youtube.com/watch?v=bSZbQK4RAgQ

Pasalnya, Sonic Radar II ini akan mengijinkan Anda mengetahui arah sumber suara berasal di dalam permainan – well, mungkin akan ada dari Anda yang akan bilang ini cheat – namun, faktanya, fitur ini tetap fitur yang fantastis yang tidak akan Anda dapatkan dari brand motherboard lainnya.

Mobo ROG Strix juga menyuguhkan fitur RAMCache yang mengijinkan Anda menggunakan memori Anda sebagai storage sementara untuk mendongkrak performa PC yang memang biasanya tersendat di performa storage.

Well, fitur ini mungkin memang tidak seunik Sonic Radar II tadi karena memang ada software-software pihak ketiga yang mengijinkan Anda mendapatkan fungsi yang sama.

Namun, faktanya, kebanyakan software sejenis tadi mengharuskan Anda membayar untuk mendapatkan semua fitur lengkapnya. ROG Strix mengijinkan Anda mengakses semua fitur manajemen RAM tadi tanpa perlu mengeluarkan biaya tambahan. Asik juga kan?

Finally…

strix-family

Akhirnya, saya pribadi tidak ada masalah dengan lampu-lampu LED atau desain futuristis, namun itu hanyalah sebuah nilai tambah semata.

Performa yang lebih kencang, suhu yang terjaga meski disiksa semalaman, dan fitur unik yang istimewa, adalah kualitas yang harus Anda cari dari sebuah produk gaming, setelah semuanya itu tercapai seperti yang bisa ditemukan di ROG Strix dengan gemerlap lampu LED-nya. So, lets make gaming great again!

Yabes Elia

Have been playing around in the gaming industry since December 2008. A true believer of Johan Huizinga's saying, "let my playing be my learning". That's why I'm living my games and playing with life.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.