Apa itu Sertifikasi 80 Plus? Kenapa Penting?

Sertifikasi 80 Plus, andai saja ada sertifikasi yang sepadan atau setara dengan sertifikasi ini untuk jenis komponen lainnya… Pasalnya, logo sertifikasi yang satu ini memudahkan saya memilih ataupun merekomendasikan komponen.

Kadang, jika saya sedang terlalu malas untuk menjelaskan tentang bagaimana cara memilih PSU, saya akan berkata, “buka saja plugloadsolutions.com. Jika merek PSU yang ingin Anda beli tidak ada di sana, coba cari merek lainnya…” Saya tidak dapat menggunakan ‘trik’ serupa jika ada yang bertanya soal motherboard, memori, casing, ataupun yang lainnya.

Jika Anda masih bingung soal memilih PSU, kebetulan saya sudah menuliskan 2 buah artikel tentang masalah tersebut. Saya menuliskan artikel tentang perbedaan antara PSU handal vs. PSU abal dan 4 hal yang perlu Anda perhatikan dalam memilih PSU.

Berbicara lebih jauh tentang sertifikasi 80 Plus, saya kira masih ada banyak orang yang masih belum tahu artinya dan, yang lebih penting lagi, signifikansinya.

Jadi, di artikel ini, saya akan berbicara tentang sertifikasi tersebut dan mengapa hal tersebut penting untuk diperhatikan.

Apa itu sertifikasi 80 Plus?

Sertifikasi 80 Plus adalah sebuah program sertifikasi yang punya tujuan utama untuk menggalakkan efisiensi daya dari sebuah produk PSU. Sertifikasi ini diluncurkan pertama kali di tahun 2004 oleh Ecos Consulting. Sertifikasi ini diberikan pada produk-produk yang memiliki efisiensi daya 80% atau lebih pada load (beban komputer) 20%, 50%, dan 100%.

Apa itu efisiensi daya?

Well, tugas pertama dari sebuah PSU adalah menarik arus listrik AC dari listrik rumah dan mengubahnya jadi arus DC sebagai daya yang dibutuhkan PC Anda.

Sayangnya, hukum fisika mengatakan mustahil jika transformasi arus tersebut dapat terjadi dalam efisiensi 100% – sebagian dari energi atau arus listrik tersebut berubah menjadi panas.

Intel sebenarnya sudah menetapkan standar spesifikasi ATX terlebih dahulu, namun hanya pada efisiensi 60% pada kondisi load 50%. Hal ini berarti ada sekitar 40% energi listrik yang terbuang dan Anda tetap harus membayar tagihan bulanan dari listrik yang terbuang itu.

Berikut ini adalah tabel perbandingan PSU yang memiliki efisiensi berbeda-beda.

  DC Output AC Input Efficiency Watts Lost
PSU that meets minimum ATX efficiency requirements 250W 416W 60% 166W
Typical low cost PSU 250W 357W 70% 107W
80 PLUS PSU 250W 312.5W 80% 62.5W
80 PLUS Bronze PSU 250W 294W 85% 44W
80 PLUS Silver PSU 250W 284W 88% 34W
80 PLUS Gold PSU 250W 278W 90% 28W
80 PLUS Platinum 250W 272W 92% 22W

Dari tabel di atas, Anda bisa melihat, jika Anda tidak menggunakan PSU 80 Plus (dan Anda memilih untuk membeli yang paling muuuuurah) dan anggaplah PC Anda membutuhkan daya sebesar 250W untuk berjalan pada kondisi 50% load, PSU tersebut akan menarik daya listrik sebesar 416W.

Jangan lupa, seperti yang saya bilang tadi, Anda tetap harus membayar 166W yang terbuang itu…

Jika Anda membandingkannya dengan menggunakan PSU 80 Plus, seperti FSP Hydro, ada perbedaan sebesar 122W setiap detik PC Anda berjalan pada kondisi 50% load.

Anda bisa menghitung sendiri selisih tagihan bulanan yang bisa Anda hemat (apalagi mengingat TDL listrik akan naik lagi harganya nanti…), jika Anda memilih PSU 80 Plus, bukannya PSU yang seharga celana jeans okwaokwaokwaokwa…

Bagaimana cara mendapatkan sertifikasi 80 Plus?

Satu produk bisa mendapatkan sertifikasi ini jika sudah diuji oleh orang-orang dari Ecova Plug Load Solutions dalam beberapa kondisi tertentu.

Jika Anda tertarik untuk membaca detilnya lebih jauh, Anda bisa membaca sendiri dokumentasi resminya di sini.

Perusahaan PSU yang ingin mendapatkan sertifikasi itu juga harus membayar untuk ongkos pengujiannya.

Roy Chen, Product Manager dari FSP, menjelaskan bahwa setiap produk yang ingin diujikan harus membayar ongkos pengujian tersebut. Untuk satu produk PSU yang ingin melalui pengujian efisiensi 110V, ongkosnya adalah US$2000. Sedangkan untuk produk PSU yang hanya berjalan di 230V (standar EU), ongkosnya adalah US$2500.

Saya juga bertanya kepada Roy tentang bagaimana sebuah produk bisa mendapatkan sertifikasi tersebut. Langkah pertamanya mudah karena hanya mengisi formulir.

Namun setelah itu, Anda harus mengirimkan 2 buah sample produk kepada organisasi pemberi sertifikasi tadi di US untuk diujikan di sana.

Kemudian pertanyaan pentingnya adalah, jika mendapatkan sertifikasi tersebut tidak murah dan tidak mudah, mengapa dilakukan?

Roy mengatakan bahwa sertifikasi 80 Plus adalah sertifikasi dari pihak ketiga yang kredibel di tingkat dunia yang bisa menjamin bahwa total daya dan efiensi output dari sebuah produk benar-benar sesuai dengan apa yang diklaim produsennya.

Ia juga memiliki situs yang dapat diakses publik agar mereka bisa mendapatkan referensi tentang produk dan merek PSU yang telah berhasil melalui tes tersebut. Karena itulah, hampir semua produk dari FSP dikirimkan ke organsisasi tersebut untuk mendapatkan sertifikasi 80 Plus.

Apa manfaatnya dari memiliki PSU 80 Plus?

Saya kira ada 2 manfaat yang bisa Anda dapatkan, langsung dan tidak langsung.

Manfaat langsung yang bisa Anda rasakan adalah menghemat fulus yang harus dibayarkan setiap bulannya.

Baik Anda gamer, PC enthusiast, ataupun pengguna mainstream, saya kira semua tipe pengguna bisa menghargai manfaat langsung ini.

Bahkan jika Anda membeli PC untuk kantor, membeli PSU 80 Plus juga akan menghemat ongkos produksi bulanan – meski sayangnya, sepengetahuan saya, banyak sekali perusahaan yang belum mengerti penghematan yang bisa diberikan oleh PSU 80 Plus (kecuali kantor Anda adalah rumah sendiri dan yang membayar tagihan rekening listriknya adalah orang tua Anda oakwoakwoakwoak…)

Membeli PSU 80 Plus seperti FSP Hydro dan kawan-kawannya mungkin memang terlihat investasi yang lebih mahal di awal namun ia akan menghemat pengeluaran jangka panjang Anda.

Itu tadi manfaat langsungnya. Ada juga manfaat tidak langsung yang bisa Anda dapatkan dari memilih PSU 80 Plus – yang mungkin bisa dibilang dari perspektif bisnis.

Sebuah perusahaan yang mau repot-repot mengirimkan sample produknya dan membayar ongkos untuk mendapatkan sertifikasi, tentunya ingin memastikan bahwa produk tersebut dilengkapi dengan komponen-komponen yang lebih baik ketimbang yang tidak akan melalui proses sertifikasi.

Andai saja saja seperti ini, Anda ingin pergi ke sebuah wawancara kerja atau malah kencan pertama, bukankah Anda ingin tampil lebih rapih dan meyakinkan ketimbang versi jorok akhir pekan Anda? ^,^

Satu hal lagi, jika sebuah merek cukup peduli untuk mendapatkan sertifikasi tersebut seperti FSP (saya harus sebut lagi karena mereka yang bayar artikel ini oakwoakowkaowa…), berarti mereka peduli dengan bisnis jangka panjang mereka, ketimbang merek-merek murahan.

Perusahaan tersebut ingin mendapatkan dan mempertahankan nama baiknya untuk waktu yang sangat lamaaa…. – tidak seperti perusahaan startup, yang biasanya hanya peduli dengan exit strategy.

Otomatis, hal ini berarti mereka lebih peduli dengan produknya dan ingin memastikan bahwa produk tersebut dapat bertahan lama meski digunakan bertahun-tahun – sehingga nama baiknya tidak tercemar karena brand dan produk terkait erat hubungannya.

Akhirnya…

Jadi, kali ini saya dan FSP hanya ingin berbagi informasi mengenai sertifikasi 80 Plus dan perspektif saya tentang hal tersebut. Silahkan saja jika Anda tetap ingin membeli PSU dengan harga semuuuuuurah mungkin…

Namun jika Anda tanya saya yang PC nya bekerja lebih dari 8 jam sehari, saya ingin meminimalisir energi listrik yang terbuang (dan tagihan rekeningnya) sebaik mungkin.

Artikel ini disponsori oleh FSP, produsen PSU kelas dunia yang telah berpengalaman membuat PSU tahan banting, efisien, dan canggih – sebuah merek ternama yang peduli dengan pengguna, produk, dan nama baik mereka.

Yabes Elia

Have been playing around in the gaming industry since December 2008. A true believer of Johan Huizinga's saying, "let my playing be my learning". That's why I'm living my games and playing with life.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.