Cara Install Aplikasi AI Offline yang Paling Gampang: Pakai Pinokio

Cara install aplikasi AI yg offline itu memang tidak sesederhana jalankan setup.exe, terus klik next, next, next, sampai selesai.

Aplikasi-aplikasi AI yang offline itu memang sepenuhnya gratis. Bukan seperti aplikasi AI yang online, yang kebanyakan freemium.

Sayangnya, memang aplikasi-aplikasi AI yang offline itu butuh kesabaran lebih untuk dipelajari, bahkan dari mulai proses instalasinya. Pasalnya, ada banyak requirements seperti Phyton dan kawan-kawannya, download model yang ingin digunakan, sampai instalasi lewat CMD yang mungkin menakutkan buat orang awam.

Namun, sekarang ada aplikasi yang namanya Pinokio, yang berguna untuk mempermudah instalasi aplikasi AI yang offline.

 

Cara Pakai Pinokio untuk Menginstall Aplikasi AI yang Offline

Di artikel ini, saya ingin memberikan tutorial cara menginstall aplikasi-aplikasi offline pakai Pinokio.

Pertama, kita ke website resmi Pinokio untuk mengunduh aplikasinya. Di sini, Anda juga bisa melihat cara instalasinya.

BACA JUGA: AI Diagnosa Autisme dengan 100% Akurasi?

Setelah Anda mengunduh file instalasinya, yang berbentuk .zip, ekstrak file tersebut, dan Anda akan menemukan file setup.exe.

Klik 2 kali file itu. Setelah Anda klik 2 kali file itu, Windows akan memberikan peringatan. Namun, Anda bisa klik “More Info” dan “Run Anyway” untuk memulai proses instalasinya.

Tunggu sampai proses instalasinya selesai. Setelah selesai, Anda bisa menjalankan shortcut Pinokio yang ada di desktop.

Jika, Anda tidak melihat shortcut-nya, Anda bisa mencarinya di lokasi ini: C:\Users\[profile Anda]\AppData\Local\Programs\Pinokio

Setelah Anda menjalankan aplikasi itu, Anda akan melihat halaman utamanya yang memperlihatkan belasan aplikasi AI offline yang bisa Anda install pakai Pinokio. Dari mulai image generation, voice generation, text-to-speech, video generation, ataupun interface untuk berinteraksi dengan LLM (Large Language model) – sejenis ChatGPT.

Pilih aplikasi yang Anda mau dan klik Download di boks yang baru muncul.

Tunggu sampai proses instalasinya selesai.

Setelah selesai, Anda akan melihat aplikasi baru tadi di halaman utama Pinokio. Klik “Launch” untuk menjalankan aplikasinya.

Ketika Anda menjalankan aplikasi barunya pertama kali, mungkin Anda harus menunggu kembali dan kali ini akan lebih lama dari sebelumnya.

Pasalnya, aplikasi ini juga akan mengunduh file-file yang dibutuhkan dari internet. Jadi, kecepatan instalasi aplikasi baru di sini juga akan tergantung dari seberapa kencang kecepatan internet Anda.

Namun, setelah proses “Launch” pertama tadi, proses berikutnya harusnya akan jauh lebih cepat karena Anda tidak perlu lagi mengunduh file-file yang dibutuhkan.

Jika Anda tertarik untuk mencoba aplikasi AI lainnya, Anda bisa mengulang kembali cara yang sama seperti yang saya jelaskan tadi.

Selamat mencoba!

Yabes Elia

Yabes Elia

An empath, a jolly writer, a patient reader & listener, a data observer, and a stoic mentor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.